Biaya Cek Kesuburan Wanita

Penyebab Infertilitas Pada Pria & Biaya Cek Kesuburan Untuk Mengetahuinya

Biaya cek kesuburan wanita dan pria seharusnya diketahui oleh baik wanita maupun pria. Karena infertilitas atau masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada wanita, namun pria juga bisa mengalami masalah kesuburan. Berikut adalah penyebab infertilitas pada pria dan estimasi biaya pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui masalahnya.

Penyebab Infertilitas Pada Pria dan Biaya Cek Kesuburan Wanita

Penyebab infertilitas pada pria secara garis besar dibagi menjadi 3, yaitu gangguan hormonal, gangguan fisik, dan gangguan psikologi. Gangguan hormonal adalah kondisi dimana pria memiliki level hormon yang terlalu rendah atau terlalu tinggi di dalam tubuhnya sehingga kesuburan mereka terganggu. Contohnya, jika seorang pria memiliki kadar hormon tiroid yang terlalu rendah, kondisi ini bisa mengganggu libido. Seorang pria juga bisa mengalami impotensi jika kadar hormon prolaktinnya terlalu tinggi. Atau, gangguan FSH atau Follicle Stimulating Hormone yang bisa menyebabkan menurunnya jumlah sperma.

Sedangkan gangguan fisik terkait dengan kondisi fisik seorang pria yang mengalami berbagai macam masalah. Seperti, kurangnya produksi sperma, sperma tidak berkembang dengan baik, dan lain sebagainya. Gangguan fisik ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelainan genetik, infeksi, atau penyakit tertentu. Infertilitas pada pria juga bisa disebabkan oleh faktor psikologis. Bisa dikatakan stress dan depresi sangat berpengaruh pada kesuburan pria dan wanita. Stress dan depresi bisa menyebabkan impotensi, ejakulasi dini, dan masalah kesuburan lainnya.

Untuk mengetahui penyebab pasti masalah infertilitas pada pria, disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesuburan. Sehingga bisa dilakukan penanganan yang tepat berdasarkan penyebab.

Biaya Pemeriksaan Kesuburan Pria

Biaya pemeriksaan kesuburan baik pria maupun wanita sebenarnya tergantung pada rumah sakit atau klinik dimana Anda melakukan pemeriksaan tersebut. Sehingga, biayanya bisa berbeda-beda. Selain itu, biayanya juga bisa beragam berdasarkan jenis pemeriksaan yang Anda pilih. Misalnya, Anda hanya ingin memeriksa kadar testosteron atau prolaktin saja. Estimasi biayanya berkisar antara Rp. 300.000 hingga Rp. 4.000.000.

Untuk paket pemeriksaan sekaligus penanganan tentu jauh lebih mahal dibanding biaya pemeriksaan saja. Anda bisa mendatangi rumah sakit yang Anda inginkan untuk mengetahui biaya cek kesuburan wanita disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *