ilustrasi stainless

Apa Yang Membedakan Plat Besi Stainless Dengan Stainless Steel Sheet?

Diketahui bahwa plat besi stainless dengan stainless steel sheet memiliki kemiripan. Jika Anda lihat sekilas, maka keduanya sama-sama berbentuk lembaran. Hal inilah yang terkadang membuat orang awam tidak terlalu bisa mengenali perbedaannya. Namun pada kenyataannya, kedua bahan bangunan tersebut tetaplah berbeda. Lalu, apa yang membedakan antara keduanya?

Perbedaan Plat Besi Stainless Dengan Stainless Steel Sheet

Tidak banyak orang yang mengetahui perbedaan dari plat besi stainless dengan stainless steel sheet karena kemiripannya. Namun, agar Anda tidak salah membelinya, berikut adalah hal-hal yang membedakan keduanya.

  1. Ketebalan

Perbedaan yang pertama adalah dari sisi ketebalannya. Di mana untuk stainless steel sheet biasanya memiliki ukuran yang lebih tebal sekitar lebih dari 6 mm. Sedangkan untuk plat besi stainless memiliki ketebalan yang ukurannya kurang dari 6 mm, tetapi ketebalan yang dimilikinya tidak kurang dari ukuran ketebalan pada aluminium foil.

Jadi, saat Anda hendak membeli salah satu bahan bangunan tersebut, maka ketahuilah melalui ketebalannya. Karena ketebalannya inilah yang menjadi perbedaan utama. Jika Anda merasa kesulitan untuk memilih setibanya di toko, maka bawalah serta orang yang sudah berpengalaman atau mintalah bantuan pada penjaga toko yang lebih mengetahui.

  1. Penggunaannya Untuk Industri Makanan

Selain dari ketebalannya, perbedaan antara plat besi stainless dengan stainless steel sheet juga terletak pada penggunaannya untuk industri makanan, terkhusus dari segi keamanan meski keduanya memiliki sifat yang mirip. Diketahui bahwa plat stainless steel penggunaannya lebih terbatas karena ketebalannya yang rendah. Biasanya bahan ini hanya untuk peralatan-peralatan memasak makanan.

Lalu untuk stainless steel sheet umumnya digunakan sebagai tempat untuk penyimpanan makanan, seperti kulkas dan tempat cuci piring. Hal ini karena bahan stainless steel sheet memiliki kualitas penyimpanan yang sangat baik, di mana tidak akan mengubah rasa dari makanan tersebut. Bahkan untuk makanan-makanan yang mengandung sifat acidic, maka cocok sekali jika menggunakan peralatan penyimpanan yang berbahan stainless steel sheet.

  1. Penggunaannya Untuk Industri

Inilah yang membedakan plat besi stainless dengan stainless steel sheet. Di mana plat besi stainless lebih banyak digunakan untuk membuat suatu peralatan industri. Baik itu di bidang medis hingga transportasi seperti pembuatan kapal, industri penerbangan, dan rel kereta api. 

Sedangkan stainless steel sheet lebih cocok untuk membuat peralatan yang berhubungan dengan makanan karena tergolong lebih aman dan memiliki sifat yang anti bakterial. 

Melalui beberapa perbedaan tersebut, hal ini akan membantu Anda saat hendak membeli plat besi stainless atau stainless steel sheet agar tidak tertukar. Karena secara sekilas, keduanya hampir terlihat sama yang tentu saja menyulitkan orang awam untuk membedakannya. Bahkan dari segi kegunaan juga keduanya memiliki banyak perbedaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *