Ilustrasi tempat kebugaran

Tips Aman Berolahraga di Tempat Kebugaran

Sejak Covid-19 merajalela di Indonesia, hampir semua aktivitas offline dialihkan menjadi online atau daring, termasuk aktivitas olahraga. Namun, bagi sebagian orang yang terbiasa berolahraga di tempat kebugaran, mengalihkan kegiatan olahraga di rumah mungkin akan sedikit sulit bagi mereka. Entah karena keterbatasan alat di rumah atau tidak adanya suasana tempat olahraga yang mendukung.

Seiring dengan wacana dibukanya tempat olahraga di kala pandemik ini, tentu protokol kesehatan yang ketat perlu dijalankan. Biasanya jumlah orang dalam tempat olahraga akan dibatasi, untuk Anda yang tetap ingin berolahraga di tempat olahraga, salah satu solusinya adalah menggunakan sports venue booking app. Yuk simak tips aman berolahraga di tempat kebugaran berikut ini:

Reservasi Tempat Dengan Sports Venue Booking App 

Memesan tempat olahraga melalui aplikasi dapat meminimalisir kontak antara staf dengan pengguna tempat. Sports venue booking app memungkinkan pengelola tempat olahraga untuk melakukan pembatasan kuota tempat kebugaran dengan mudah sehingga penerapan aturan pemerintah mengenai terjaganya 50% kapasitas klub bisa terpenuhi. Dengan informasi data pemesan, pengelola dapat dengan mudah menerapkan pembatasan jarak sosial yang aman dan mensosialisasikan protokol kesehatan. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan berbagai pilihan tempat olahraga beserta harganya sehingga memudahkan pengguna untuk memilih sesuai dengan kondisi mereka baik tempat, budget maupun waktu.  

Jaga Jarak

Jarak aman yang disarankan dalam studio tempat kebugaran adalah 2 m sedangkan jarak di area selain studio adalah 1.5 m. Latihan kontak dekat dan sesi foto bersama yang sering dilakukan di tempat kebugaran tentunya harus dihindari demi mematuhi protokol kesehatan. 

Pengelola dihimbau untuk menata ulang alat-alat seperti treadmill, sepeda statis dan alat lainnya sehingga memungkinkan pengguna tetap berjarak sesuai dengan jarak yang disarankan. Hal ini bisa diterapkan dengan metode selang-seling atau menandai mana alat yang boleh digunakan dan mana alat yang tidak boleh digunakan seperti metode selang-seling yang diterapkan pada tempat duduk di alat transportasi umum. 

Memastikan Pengguna Mematuhi Protokol Kesehatan 

Pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki area kebugaran harus diterapkan dengan benar. Kontak fisik antara pengguna dan staf pengelola saat pertukaran kartu anggota bisa diminimalisir dengan sistem check-in dan check-out menggunakan mesin pemindai. Fasilitas tempat cuci tangan atau hand sanitizer wajib disediakan sesuai dengan kapasitas pengguna. Aturan tertulis mengenai penerapan protokol kesehatan harus dijamin pelaksanaannya oleh pengelola dengan mewajibkan pengguna menandatangani formulir pernyataan kesehatan. 

Memastikan Kebersihan Alat dan Ruang

Pihak pengelola perlu menjaga kebersihan alat dan ruang baik sebelum maupun sesudah digunakan. Selain itu sirkulasi udara perlu diperhatikan dengan cara mengecek AC, listrik, dan lainnya.

Penggunaan sports venue booking app sangat dianjurkan untuk Anda yang ingin ke tempat kebugaran di masa pandemi seperti sekarang. Demikian tips aman berolahraga di tempat kebugaran saat kondisi pandemi seperti saat ini, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *