illustrasi generator

Cara Mudah Menghitung Daya Kapasitas Genset

Kapasitas genset adalah salah satu hal vital yang harus anda pertimbangan sebelum anda membeli genset. Jangan sampai anda salah pilih kapasitas genset, misalnya anda membutuhkan genset dengan kapasitas 2000 kVa namun, karena anda tidak tahu anda malah memilih genset dengan kapasitas 1000 kVa. Untuk menghindari hal-hal seperti itu, maka berikut dibawah ini adalah cara menghitung daya kapasitas genset yang bisa anda jadikan sebagai referensi. 

Cara menghitung kapasitas genset

Ketika anda ingin menghitung daya kapasitas genset maka anda harus menggunakan acuan untuk memudahkan anda dalam melakukan perhitungan. Salah satu hal yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam melakukan penghitungan kapasitas genset adalah dengan menggunakan satuan kW yang mana 1 kW artinya sama dengan 1000 Watt. Akan tetapi, pada umumnya ikutan daya yang ada pada mesin genset berada dalam satuan kVa. Nah, untuk melakukan perhitungan daya kapasitas genset maka anda bisa menggunakan nilai baku 1 kVa yang memiliki nilai yang sama dengan 0,8 kW atau 800 Watt. Jadi, apabila anda memiliki genset yang pada mesinnya tertera kapasitasnya adalah 4 kVa maka nilai kW dari genset anda tersebut adalah 3.2 kW atau setara dengan 3200 watt. 

Sebelum anda memutuskan untuk membeli mesin genset, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu berapa daya listrik yang sebenarnya anda perlukan. Mengingat dipasaran ada berbagai macam kapasitas genset yang bisa anda pilih. Hal tersebut penting untuk anda lakukan karena jika anda memilih genset yang kapasitas nya lebih rendah, maka genset anda tersebut tidak dapat berfungsi secara maksimal. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan reputasi serta kualitas dari genset yang ingin anda beli. 

Selain mengerti dan paham bagaimana cara menghitung kapasitas genset, ada baiknya juga jika anda apabila anda dapat menghitung pemakaian bahan bakar pada mesin genset anda. Hal ini sangat bermanfaat bagi anda untuk mendukung kinerja genset anda serta untuk meminimalisir kerusakan yang bisa saja terjadi pada genset anda. 

Demikianlah cara menghitung daya kapasitas genset yang bisa anda lakukan. Sekarang anda sudah tidak perlu takut lagi dalam memilih kapasitas genset yang sesuai dengan kebutuhan anda karena ada sudah bisa melakukan perhitungan kapasitas genset sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *