Proses Penjualan Menggunakan Layanan Chat E-commerce

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah e-commerce. Istilah ini sering digunakan oleh pemilik usaha perdagangan dalam kegiatan pemasaran. Lantas tahukah Anda mengenai pengertian dari e-commerce? E-commerce atau elektronik commerce merupakan proses perdagangan barang maupun jasa yang dilakukan secara online atau proses jual beli dengan jaringan internet. Dalam hal ini terdapat layanan bernama chat e-commerce.

Beberapa pasar perdagangan telah memanfaatkan adanya jaringan internet di berbagai wilayah untuk memudahkan produknya dijangkau oleh banyak orang.

Setiap e-commerce tentunya memiliki layanan chat yang bisa Anda gunakan untuk langsung menghubungi penjual atau layanan customer service dalam menanyakan sesuatu chat e-commerce dibuat sedemikian rupa agar memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi. Sehingga layanan chat pada e-commerce ini juga mampu meningkatkan penjualan. 

Lantas bagaimana langkah yang harus Anda ambil agar layanan chat e-commerce ini mampu meningkatkan proses jual beli dari toko Anda? 

Ini dia tips meningkatkan penjualan dengan layanan chat e-commerce.

  • Anda harus cekatan dalam menerima pesan dari pelanggan. Hal yang dimaksud disini, Anda harus selalu siap sedia ketika pelanggan membutuhkan jawaban penting dari Anda. Entah itu mengenai warna produk, kualitas produk, stok produk, dan lainnya. Jika perlu, Anda menyalakan notifikasi pada chat 24 jam dalam kurun waktu 2 minggu hingga 1 bulan. Hal ini dapat memudahkan Anda untuk mengidentifikasi waktu-waktu penting ketika pelanggan banyak mengunjungi lapak online Anda. Karena menurut riset yang telah dilakukan, bahwa lebih dari 83% pelanggan membutuhkan bantuan penjual sebelum memantapkan diri untuk membeli barang.
  • Memberikan bantuan atau jawaban secepatnya. Inilah salah satu fungsi dari layanan chat yang ada di e-commerce. Pembeli dapat dengan mudah menanyakan detail barang atau jasa, kemudian penjual dapat dengan mudah menjawab pertanyaan. Sebisa mungkin jawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. Hal ini tentunya sangat berdampak terhadap lakunya produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Salah satu cara meningkatkan penjualan melalui layanan chat pada e-commerce dengan cara memberikan jawaban yang hangat, ramah, dan lantang. Jangan terlalu kaku ketika menghadapi pertanyaan pelanggan. Jika Anda terlalu kaku dalam menghadapi pertanyaan pelanggan, tentunya pelanggan jadi sungkan untuk melanjutkan proses pembelian. Anda bisa menggunakan sapaan seperti bro maupun sis dalam chat agar terkesan lebih akrab. Misalnya ada pelanggan yang menanyakan stok warna dari produk yang ditawarkan, Anda bisa menjawabnya dengan lantang, “Halo Bro/Sis, untuk produk yang itu cuma tersisa warna merah dan hijau.” atau jawaban lainnya.

Itu dia beberapa tips singkat mengenai langkah yang harus Anda terapkan demi meningkatkan nilai penjualan dari barang maupun jasa yang memanfaatkan layanan chat pada e-commerce. Sabar mudah untuk diterapkan bukan? Tentu saja mudah, tentunya akan lebih mudah jika Anda sudah terbiasa dalam membalas pesan-pesan pelanggan. Semoga informasinya bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *